Yesus untuk Segala Bangsa Sampai ke Ujung Bumi

Kepada Siapa Yesus diutus?

Yesus untuk Segala Bangsa Sampai ke Ujung Bumi

Dengan yakin saya mengatakan bahwa Yesus diutus untuk segala Bangsa, bukan hanya bagi Bangsa Israel. Yesus memang dilahirkan sebagai orang berkebangsaan Israel dari Suku Yehuda, tetapi pelayanan Yesus sendiri selain kepada Bangsa Israel, Dia pun juga sudah menjangkau kaum orang bukan berkebangsaan Israel, antara lain:

  • Yesus menyembuhkan orang Gadara yang kerasukan setan (Matius 8:28-34)
  • Yesus menyembuhkan orang berpenyakit kusta dan salah satunya adalah orang Samaria, dan hanya satu-satunya orang Samaria inilah yang kembali kepada Yesus dan memuliakan Tuhan karena sudah disembuhkan (Lukas 17:12-19)
  • Yesus melintasi daerah Samaria dan disana Ia berkotbah dan menyentuh hati seorang perempuan Samaria. Perempuan itu mendengar Yesus berkata bahwa tidak lama lagi Tuhan akan disembah, bukan saja di Yerusalem atau di atas Gunung Gerizim, tetapi di manapun yaitu “dalam roh dan kebenaran” (Yohanes 4:5-26)
  • Yesus menyembuhkan anak dari seorang perempuan Kanaan yang menderita karena kerasukan setan (Matius 15:25-28)
  • Yesus mengabulkan permintaan seorang perwira Romawi yang meminta Yesus untuk menyembuhkan hambanya.  Yesus pun berbicara mengenai perwira Romawi tersebut kepada murid-muridnya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel.”
  • Beberapa orang Yunani pergi beribadah ke Yerusalem ingin bertemu dengan Yesus. Saat itulah Yesus berkata “Saatnya telah tiba bahwa Anak Manusia akan dipermuliakan”, artinya kenyataan bahwa orang-orang Yunani tersebut sedemikian berminat ingin bertemu Yesus menunjukkan bahwa sesungguhnya dunia (luar) juga sudah siap menerima misi penyelamatan Yesus yang berakhir dengan kematian-Nya yang menebus dosa manusia. (Yohanes 12:20-23)

Yesus Hanya diutus untuk Bangsa Israel?

Mungkin sebagian orang bukan Kristen mengira bahwa Yesus diutus hanya kepada Bangsa Israel karena ada tertulis pula dalam Alkitab:

Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: “Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita.” Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: “Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak.”

Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: “Tuhan, tolonglah aku.”

Tetapi Yesus menjawab: “Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing.” Kata perempuan itu: “Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya.”

Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: “Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki.” Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

Matius 15:24-28 TB

Walau bagaimana pun juga Bangsa Israel adalah umat pilihan Tuhan, Tuhan memberkati bangsa Israel dan kehadiran Yesus memang menggenapi perjanjian Tuhan dengan bangsa Israel karena hanya Yesus-lah yang satu-satunya orang Israel yang mentaati seluruh perintah Tuhan Israel tanpa cela.

Tetapi kedatangan Yesus sebagai Mesias tidak dipercaya oleh mayoritas bangsa Israel terutama para pemuka agama menolak bahkan menyalibkan Yesus, justru orang-orang bukan dari bangsa Israel yang datang kepada Yesus memiliki iman yang lebih besar kepada Yesus dibandingkan iman bangsa Israel kepada Yesus sebagai Mesias.

Jika Yesus hanya diutus bagi bangsa Israel saja, maka Yesus tidak akan mengabulkan harapan perempuan Kanaan tersebut. Kenyataannya karena besar iman sang perempuan Kanaan itu kepada Yesus maka Yesus mau mengabulkan harapan perempuan Kanaan itu. Bukan hanya perempuan Kanaan itu saja, orang-orang asing bukan Israel yang mencari pertolongan Yesus pun ditolong-Nya karena iman mereka kepada Yesus.

Amanat Agung

Sampai pada akhir pelayanan Yesus, Yesus sendiri yang memberikan pesan terakhir (Amanat Agung) bagi para murid:

Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

Matius 28:18-20 TB

Kata-Nya kepada mereka: “Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini

Lukas 24:46-48 TB

Pada akhirnya kabar keselamatan tentang Yesus cepat atau lambat akan menyebar sampai ke seluruh dunia karena itulah yang dikatakan Yesus tentang tanda-tanda kesudahan dunia dan kedatangan Yesus yang ke dua kali di akhir zaman:

Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.”

Matius 24:14 TB

Percayakah anda bahwa Yesus untuk segala bangsa? semua keputusan kembali pada diri sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *