Yesus sang Juru Selamat Manusia

Mengapa bisa dikatakan Yesus sang Juru Selamat Manusia? Mengapa para umat Kristiani men-Tuhankan dan percaya kepada Yesus?

Tuhan yang Maha Adil

Dalam adat istiadat bangsa Israel jaman dahulu ketika bangsa Israel keluar dari tanah Mesir, ada ritual penghapusan dosa yang aturan dan tata caranya sendiri diberikan oleh Tuhan melalui nabi Musa yaitu dengan kurban bakaran domba/kambing tidak bercela setiap umat Israel melakukan dosa.

Hal ini menunjukan bahwa fatalnya dosa harus dibayar dengan kurban bakaran dan darah hewan tak bercela setiap kali berbuat dosa. Tetapi manusia pun tak akan sanggup untuk melakukan ritual kurban bakaran terus menerus, karena manusia pun terus menerus berbuat dosa. Manusia yang penuh dosa tidak bisa bersatu dengan Tuhan yang kudus, sehingga manusia akan terpisah dengan Tuhan. Jika manusia tidak bisa melakukan ritual penghapusan dosa tersebut, manusia harus membayar dosanya dengan nyawanya dalam arti disini adalah kematian kekal. Inilah ke-Mahaadil nya Tuhan.

Tuhan yang Maha Kasih

Dosa tidak bisa dibayar dengan perbuatan dan amal baik, sebanyak apapun manusia beramal dan bersedekah, tidak akan bisa menebus dosanya. Tuhan mengetahui bahwa manusia tidak akan mampu membersihkan dosanya dengan kemampuannya, tetapi Tuhan sungguh sangat mengasihi manusia dan ingin manusia selamat dan ingin manusia bisa bersama lagi dengan Nya.

Maka dari itu Tuhan sendiri yang menyediakan kurban penghapusan dosa. Tuhan sendiri-lah yang memberikan bagian diri-Nya untuk turun ke dunia menjadi manusia sempurna tak bercacat yang mahal dan berharga yaitu Yesus untuk dijadikan kurban penghapus dosa cukup sekali dan sekaligus untuk semua orang. Itulah mengapa disebut Yesus sang Juru Selamat Manusia.

Yesus sang Juru Selamat Manusia adalah Kabar Keselamatan

Inilah yang disebut dengan kabar baik / kabar gembira / kabar keselamatan yang sering digaungkan di kalangan umat Kristiani. Tuhan Yesus sendiri yang mengatakan kepada muridnya setelah Dia bangkit dari kematian dan sebelum naik ke Surga:

Kata-Nya kepada mereka: “Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini

Lukas 24:46-48 TB

Itulah mengapa umat Kristiani melakukan penginjilan kepada mereka yang belum mengenal Yesus atau sudah pernah mendengar tentang Yesus tapi tidak mengenalnya, atau juga kepada mereka yang tahu “Yesus” tetapi berbeda dengan Yesus yang benar yang ada di Alkitab. Mengapa umat Kristiani mau bersusah payah memberitakan hal tersebut kalau bukan karena itu perintah Yesus yaitu untuk mengasihi sesama. Memberitakan kabar baik keselamatan supaya orang lain tidak binasa kekal.

Memberitakan kabar keselamatan itu bukan berarti memaksakan orang tersebut untuk harus langsung percaya. Pada kenyataannya Tuhan sendiri memberi kehendak bebas kepada manusia untuk percaya atau tidak pada keselamatan yang sudah diberikan. Keputusan kembali kepada pribadi orang tersebut. Tugas kami hanyalah memberitakan. Sungguh sangat disayangkan bila manusia memilih untuk menolaknya, setidaknya cobalah untuk mengenal pribadi Yesus yang sesungguhnya.

Memang banyak orang tak bisa memahami ini semua dan bahkan tak mampu diterima oleh akal mereka, itu wajar karena kemampuan manusia dalam memahami suatu hal apalagi berhubungan dengan Tuhan itu berbeda-beda dan memiliki konsep ke-Tuhanannya masing-masing. Lalu konsep mana yang benar? Mencari tahu kebenaran itu memang membutuhkan proses panjang dan kesiapan hati – pikiran yang terbuka terhadap berbagai sudut pandang.

Maka dari itu carilah kebenaran, galilah informasi sebanyak-banyaknya dari luar dan dalam negeri. Janganlah pernah berhenti belajar dan mencari kebenaran karena semua mempengaruhi ‘masa depan’ kelak.

One thought on “Yesus sang Juru Selamat Manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *