Mengenal Siapakah Yesus Kristus

Jika anda ingin mengenal siapakah Yesus Kristus, bacalah Alkitab Perjanjian Baru, mulai dari Injil Matius sampai dengan Kitab Wahyu. Mengenal Yesus Kristus yang benar hanya bisa dilakukan dari sumber Alkitab, bukan dari kitab-kitab lain.

Kisah hidup, pelayanan dan perintah-perintah Yesus tertulis dalam Injil Matius, Markus, Lukas dan Yohanes yang ditulis berdasarkan saksi mata dari mereka yang terlibat langsung bersama Yesus (Matius dan Yohanes adalah dua rasul yang termasuk dalam 12 rasul Yesus) dan juga ditulis tidak lebih dari 100 tahun yakni hanya dalam waktu 30-60 tahun setelah kehidupan Yesus di dunia.

Disini saya hanya menjelaskan ringkasan tentang Yesus yang ada di dalam Alkitab (Yesus / Yeshua / Jesus) bukan “Yesus” lain dari sumber lain dengan sebutan nama lain. Anda belum punya Alkitab? silahkan download aplikasi dengan klik gambar diatas.

Mengenal Siapakah Yesus Kristus: Firman Tuhan yang Hidup

In the beginning was the Word, and the Word was with God, and the Word was fully God. 2. The Word was with God in the beginning. 3. All things were created by him, and apart from him not one thing was created that has been created. 4. In him was life, and the life was the light of mankind. 5. And the light shines on in the darkness, but the darkness has not mastered it.

9. The true light, who gives light to everyone, was coming into the world. 10. He was in the world, and the world was created by him, but the world did not recognize him. 11. He came to what was his own, but his own people did not receive him. 12. But to all who have received him – those who believe in his name – he has given the right to become God’s children 13– children not born by human parents or by human desire or a husband’s decision, but by God. 14. Now the Word became flesh and took up residence among us. We saw his glory – the glory of the one and only, full of grace and truth, who came from the Father.

16. For we have all received from his fullness one gracious gift after another. 17. For the law was given through Moses, but grace and truth came about through Jesus Christ. 18. No one has ever seen God. The only one, himself God, who is in closest fellowship with the Father, has made God known.

John 1:1-5, 9-14, 16-18 NET Bible

Menurut kitab Yohanes dalam Alkitab, Pada mulanya ada Firman dan Firman tersebut bersama dengan Tuhan, dan Firman itu adalah Tuhan. Firman itu kemudian menjadi manusia, Dialah Yesus Kristus. Yesus adalah Firman Tuhan yang menjadi manusia, yang pada awalnya bersama Tuhan dan Tuhan itu sendiri. Inilah yang diimani kami para pengikut Kristus.

Untuk mengenal dan menyelami tentang Tuhan memang tidaklah mudah bagi manusia, karena Tuhan lebih dari apa yang manusia dapat pikirkan. Tuhan sungguh Mahakuasa, Dia mampu menjadi apa saja yang Dia inginkan bahkan untuk turun ke dunia menjadi manusia sekalipun.

Mengenal Siapakah Yesus Kristus: Anak Manusia

Yesus sering menyebut dirinya dengan kata “Anak Manusia” sebagai pengganti kata “Saya”. Lebih dari 40 kali dalam Injil (kitab yang menulis tentang kisah hidup Yesus: Matius, Markus, Lukas, Yohanes), sebutan ini dipakai Yesus untuk menunjuk kepada diri-Nya sendiri.

Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa” –lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu–:”Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!”

Matius 9:6 TB

Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan-awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya

Markus 13:6 TB

“Kamu tahu, bahwa dua hari lagi akan dirayakan Paskah, maka Anak Manusia akan diserahkan untuk disalibkan.”

Matius 26:2 TB

sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”

Matius 20:28 TB

Dan Yesus berkata: “Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.”

dan masih banyak lagi lainnya, sebaiknya baca keseluruhannya dalam Injil. Kata “anak manusia” juga ada disebutkan dalam kitab Yehezkiel dalam Perjanjian Lama, dimana kata anak manusia digunakan oleh Tuhan nya orang Israel untuk memanggil Nabi Yehezkiel. Ada dua pribadi yakni Tuhan dan Yehezkiel. Begitu pula dengan Yesus yang ilahi yang mengatakan Anak Manusia kepada tubuh manusiaNya. (pemahaman penulis).

Mesias (Kristus / Christ) dan Juru Selamat

Konsep Mesias menurut Alkitab dan Orang Yahudi dapat di lihat selengkapnya dalam Sarapan Pagi Biblika Ministry

Mesias (Kristus / Christ) dan Juru Selamat
http://www.sarapanpagi.org/86-konsep-mesias-dalam-alkitab-dan-menurut-yahudi-vt3193.html
Mengenal Yesus Kristus
http://www.sarapanpagi.org/86-konsep-mesias-dalam-alkitab-dan-menurut-yahudi-vt3193.html
Mengenal Yesus Kristus
http://www.sarapanpagi.org/86-konsep-mesias-dalam-alkitab-dan-menurut-yahudi-vt3193.html

Yesus bertanya kepada mereka: “Menurut kamu, siapakah Aku ini?” Jawab Petrus: “Mesias dari Allah.” Lalu Yesus melarang mereka dengan keras, supaya mereka jangan memberitahukan hal itu kepada siapapun.

Lukas 9:20-21 TB

Jawab perempuan itu kepada-Nya: “Aku tahu, bahwa Mesias akan datang, yang disebut juga Kristus; apabila Ia datang, Ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami.” Kata Yesus kepadanya: “Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau.”

Yohanes 4:25-26 TB

Jawab Yesus: “Akulah kebangkitan dan hidup; barang siapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?” Jawab Marta: “Ya, Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia.”

Yohanes 11:25-27 TB

Kata-Nya kepada mereka: “Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini

Lukas 24:46-48 TB

Pengakuan – pengakuan “Yesus adalah Mesias” disampaikan oleh orang-orang disekitar Yesus dan Yesus pun meng-iya kan. Gelar dan peran Sang Mesias bagi Yesus disini adalah sebagai pembebas bukan dari penjajahan bangsa lain seperti yang dimaksud orang Yahudi, tetapi sebagai pembebasan dosa manusia dan akibat-akibat dosa yakni kematian kekal.

Bagaimana bisa maksud Yesus disalib sebagai pembebas dosa seluruh manusia? Baca kelanjutannya dalam artikel Yesus sebagai Juru Selamat.

Semoga artikel singkat ini membantu anda untuk mengenal siapakah Yesus Kristus.

Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan.

Lalu kata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan.”

Lukas 2:8-14 TB

2 thoughts on “Mengenal Siapakah Yesus Kristus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *